Tips dan Cara Mengenali Email Palsu Berisi Virus


Email merupakan media komunikasi elektronik yang paling aman. Hal ini dimungkinkan karena vitur online scanning yang dimiliki oleh layanan email cukup mumpuni. Walaupun begitu, tetap saja menjadi tidak aman ketika pengguna tidak mengetahui ciri-ciri Email Palsu yang kemungkinan Berisi Virus ataupun Malware berbahaya bagi perangkat komputer atau mobile pengguna.
Ciri Email VirusOleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Tips dan Cara Mengenali Email Palsu Berisi Virus dan Malware berbahaya bagi pengguna, seperti berikut ini:

Ciri Email Palsu Berisi Virus

Email Berisi Link Aneh
Email yang berisi link berbahaya terkadang bisa lolos dari scanning anti virus online dari layanan email. Oleh karena itu, setiap email yang memiliki link di dalamnya, usahakan tidak langsung di klik. Pastikan terlebih dahulu bahwa link tersebut valid sesuai dengan kontek email yang Anda terima.
Menggunakan Kata Sapaan Umum
Selain sebagai alat komunikasi informasi elektronik, email juga terkait dengan identitas penggunanya. Ketika sebuah email yang memang benar-benar ditujukan kepada kita, maka kemungkinan besar kata sapaan yang digunakan adalah nama kita. Semisal "Dear Pak Ridwan", bukan dengan Menggunakan Kata Sapaan Umum seperti "Para Pelanggan Sekalian". Hati-hati dengan jenis email seperti ini.
Email Berisi Lampiran Mencurigakan
Email Palsu Berisi Virus bisa juga dikirim seseorang melalui lampiran atau attachment. Hati-hati dengan file attachment dengan ektensi htm dan zip. Jangan pernah mendownload atau membuka lampiran sebuah email jika Anda tidak yakin siapa pengirim dan untuk kepentingan apa ia mengirim email tersebut.
Notifikasi Microsoft Outlook
Khusus bagi Anda yang menggunakan layanan email Microsoft Outlook, biasanya selalu ada notifikasi jika email yang masuk tersebut berbahaya. Sayangnya, kembali lagi kepada pengguna yang biasanya mengabaikan keberadaan Notifikasi dari Microsoft Outlook ini.
Akhirnya, secanggih apapun fitur keamanan suatu layanan email, tetap harus kembali kepada penggunanya untuk tetap berhati-hati dan bisa Mengenali Email Palsu Berisi Virus dan Malware berbahaya bagi penggunanya.

Demikianlah Info Teknologi Gadget Terbaru tentang Tips dan Cara Mengenali Email Palsu Berisi Virus dan Malware berbahaya bagi pengguna pada kesempatan kali ini. Lihat juga Tips dan Trik Gadget sebelumnya yaitu tentang cara Membedakan Charger Asli dan Palsu. Semoga berguna!
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger