Hal Yang Perlu Diketahui Saat Membeli Smartphone Bekas


Membeli Smartphone BekasMembeli Smartphone Bekas itu memang ada untung dan ruginya. Walaupun saat ini sudah banyak smartphone baru yang ditawarkan dengan harga murah, namun tetap saja smartphone bekas dengan merk berkelas menjadi incaran para gadgeter mania. Hal ini dikarenakan ketersediaan budget yang tidak terpenuhi jika ingin membeli smartphone merk ternama dalam kondisi baru.

Jika pengguna samartphone sudah memiliki prinsip demikian, maka pilihan untuk membeli smartphone bekas menjadi pilihan tersendiri. Berbagai forum jual beli online yang menawarkan smarphone bekas atau second-an banyak diburu oleh pengguna. Namun sayangnya, tidak sedikit dari pembeli tersebut justru merasa kecewa karena smartphone yang di beli tidak sesuai harapannya.

Tips Membeli Samrtphone Bekas

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Saat Membeli Smartphone Bekas, seperti dibawah ini:

CEK DETAIL FISIK SMARTPHONE
Cek fisik di sini harus dilakukan secara mendetail mulai dari luar hingga dalam-dalamnya. Pastikan layar, tombol fisik, bodi, hingga baterai masih dalam keadaan utuh dan tidak cacat. Ada baiknya Anda sudah tahu bagaimana bentuk fisik asli barang tersebut saat masih baru. Hal ini guna menghindari penipuan saat Anda membelinya dalam keadaan bekas.
BELILAH PRODUK YANG MASIH DIDUKUNG PRODUSEN
Produsen smartphone kadang menghentikan dukungan baik dalam bentuk penanganan kerusakan ataupun update software bagi perangkatnya yang lawas. Jika Anda berpikir untuk beli smartphone bekas, maka perhatikan juga opsi satu ini. Dengan masih adanya dukungan dari produsen terhadap smartphone tersebut, maka hajat hidupnya akan terbantu setidaknya dalam masa yang lama. Namun, jika sudah tidak didukung lagi, maka Anda akan mengalami kesulitan tiap kali ingin upgrade software atau fitur terbaru.
PASTIKAN ANDA MEMBELI PRODUK LEGAL
Hal pertama yang harus Anda periksa saat membeli smartphone bekas adalah memeriksa riwayat asal-usul barang tersebut. Pastikan bahwa barang yang Anda beli legal dan bukan barang selundupan atau hasil kejahatan lainnya. Hal ini bisa dilihat dari kartu garansi, nota pembelian sebelumnya, segel yang terpasang di badan ponsel, dan tentunya IMEI. Kenapa harus legal? Karena pemerintah lewat Kemendag dan Kemenkominfo pernah menyatakan akan memberantas peredaran smartphone atau ponsel lainnya yang memiliki IMEI palsu dan tidak terdaftar di Indonesia.
PERTIMBANGKAN HARGA YANG DITAWARKAN
masalah kocek atau harga. Jika smartphone yang Anda beli harganya selisih Rp 500 ribu ke bawah jika dibandingkan dengan yang baru, maka sebaiknya urungkan saja niat beli smartphone bekas tersebut. Tabung dulu uang Anda hingga akhirnya bisa membeli yang baru. Namun, jika harganya terpaut sangat jauh atau lebih dari Rp 500 ribu, tak ada salahnya untuk dibeli. Hal ini tentu juga harus memperhatikan adanya alternatif smartphone lain atau promo-promo yang diberikan oleh produsen dan distributor smartphone lain.
UTAMAKAN YANG MASIH MEMILIKI GARANSI
Kebanyakan smartphone yang dijual adalah smartphone yang sudah habis masa garansinya. Namun, banyak juga yang masih dalam masa garansi dan dijual oleh pemiliknya dengan berbagai alasan. Usahakan cari smartphone yang masih bergaransi meskipun itu hanya seminggu. Atau, Anda juga bisa minta penjual smartphone memberikan garansi sekitar seminggu sebagai antisipasi kalau saja smartphone tersebut mengalami kendala dalam beberapa hari penggunaannya.
CEK RIWAYAT PENGGUNAAN
Yang terakhir, jangan percaya jika sang penjual bilang kalau smartphone lawas yang mereka jajakan adalah bekas pakai milik perempuan atau baru dipakai beberapa saat saja. Ada baiknya Anda tanya-tanya dulu pernah dipakai apa saja smartphone tersebut. Percuma saja kalau smartphone tersebut masih bagus namun ternyata sudah pernah kena root, jatuh, atau kena kecelakaan yang bisa menyebabkan kecacatan pada smartphone tersebut. Jadi, perhatikan dengan benar aspek satu ini.
Demikianlah Info Teknologi Gadget Terbaru tentang beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Saat Membeli Smartphone Bekas pada kesempatan kali ini. Baca juga Tips dan Trik Gadget tentang Tips Mengoptimalkan Fungsi dan Kinerja Tablet Android seperti pada artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat bagi semua...
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger