5 Tips Aman Menggunakan Hotspot Gratis di Tempat Umum


Salah satu kelebihan Teknologi Gadget Terbaru adalah keberadaan koneksi Wi-Fi pada perangkat handset-nya, dimana pengguna dimungkinkan bisa terhubung ke internet tanpa menggunakan layanan data pada kartu teleponnya. Hal ini makin memanjakan pengguna ketika Anda berada di tempat-tempat umum yang tersedia Free WiFi (WiFi gratis). Namun sayangnya, keberadaan Free WiFi atau Hotspot Gratis di Tempat Umum ini terkadang seperti pisau bermata dua.
5 Tips Aman Menggunakan Hotspot Gratis di Tempat UmumMengunakan Free WiFi atau Sinyal Internet WiFi Gratisan di Tempat Umum adakalanya sangat berbahaya. Karena menurut beberapa penelitian terdahulu, cybercriminal atau para penjahat internet ternyata juga mengincar hotspot gratis untuk menyebarkan virus buatan mereka. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan dan perhatian khusus agar perangkat tidak terkena serangan malware atau sejenisnya.

Berikut adalah 5 Tips Aman Menggunakan Hotspot Gratis atau Free WiFi di Tempat Umum dibawah ini:

1. Gadget Smartphone Selalu Up to date
Bukan Up to date merk dan kecanggihan smartphone Anda, melainkan aplikasi penunjang di dalamnya. Agar terhindar dari serangan phishing, malware, virus, spam dan sejenisnya saat menggunakan Hotspot Gratis, ada baiknya perangkat gadget smartphone harus mendapatkan update antivirus terbaru. Selain itu, pemilik gadget juga wajib melindungi gadgetnya dengan firewall serta patch operating system terbaru.
2. Gunakan virtual private network (VPN)
Ketika menggunakan layanan Hotspot Gratis di tempat umum, disarankan untuk menggunakan virtual private network (VPN). Dengan menggunakan VPN, walaupun antivirus dan firewall berhasil ditembus, setidaknya data-data penting sudah terenskripsi dengan aman.
3. Kenali Layanan Hotspot Gratis Anda
Ada kalanya, seseorang mendapatkan jaringan Hotspot Gratis ketika berada di suatu tempat. Agar terhindar dari berbagai ancaman, ada baiknya untuk mengetahui siapa pemilik dari jaringan Free WiFi tersebut.
4. Jangan Gunakan Hotspot Gratis Jika Ragu
Banyak tempat sekarang ini yang menyediakan hotspot gratis dan dapat digunakan siapa saja, khususnya di area-area penting seperti bandara, hotel, restoran, taman, museum dan lainnya. Akan tetapi, tidak semua jaringan WiFi yang dipancarkan tersebut aman. Jadi disarankan untuk tetap waspada dan berjaga-jaga ketika menggunakan fasilitas WiFi di tempat umum.
5. Berbayar Tidak Selalu Berarti Aman
Ketika Anda beranggapan Hotspot Gratis di Tempat Umum tidak aman, lalu Anda beralih ke WiFi berbayar. Tetap saja tidak aman ketika Anda mengabaikan Tips Aman Menggunakan Hotspot Gratis di Tempat Umum sebelumnya.
Demikianlah Info Teknologi Gadget Terbaru tentang beberapa 5 tips mengamankan gadget dari Malware saat menggunakan Hotspot Gratis di Tempat Umum pada kesempatan kali ini. Lihat juga Tips dan Trik Gadget sebelumnya tentang Tips dan Cara Mengenali Email Palsu Berisi Virus. Semoga bisa menjadi referensi Anda!
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger