Tips Mengantisipasi Agar Terhindar dari Penipuan Jual Beli Online


Tren belanja secara online memang sebuah solusi yang bagus untuk Anda yang kesehariannya selalu sibuk dan tidak memiliki waktu cukup untuk berbelanja. Cukup dengan sebuah gadget ditangan, Anda sudah bisa melakukan transaksi jual beli online tanpa perlu bertatap muka. Semua berkat penggunaan internet untuk tarnsaksi jual beli online. Sayangnya, tren ini juga sering dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan penipuan.
Tips Mengantisipasi Agar Terhindar dari Penipuan Jual Beli Online

Mengantisipasi Penipuan Jual Beli Online

Dan berikut ini adalah beberapa Tips ataupun hal yang perlu Anda perhatikan saat transaksi, Agar Terhindar dari Penipuan Jual Beli Online, seperti dibawah ini.

Cari Tahu Latar Belakang Penjual
latar belakang ataupun track record dari penjual online bisa diketahui dari testimoni pembeli sebelumnya. Bisa juga dengan melihat seberapa besar rekomendasi, testimoni, keluhan, terhadap penjual online yang ingin Anda ajak transaksi. Gunakan mesin pencarian Google untuk mencari Tahu Latar Belakang Penjual, mulai dari nomor telepon, PIN atau juga nomor rekening sang penjual. Jika sebelumnya ada pembeli yang tertipu, biasanya akan meng-share informasi latar belakang penjual ini.
Informasi Penjual Yang Jelas
Setiap penjual online yang murni biasanya akan selalu memaparkan informasi detail tentang identitas penjual di toko online ataupun jejaring sosial yang digunakannya. Karena penjual online sejati pasti sangat memperhatikan personal branding dirinya untuk memperkuat kepercayaan publik.
Simpan Informasi Penjual
Disarankan juga untuk mengambil screenshot dari semua informasi sang penjual termasuk barang yang dijual. Selain itu, Anda juga perlu menyimpan nomor telepon, PIN atau juga nomor rekening dari sang penjual untuk menghindari penipuan.
Antisipasi Dengan CoD atau Rekening Bersama
Seperti diketahui, Layanan Rekening Bersama sudah disepakati atau digunakan banyak orang, maka Anda dapat meminimalisir penipuan karena sang pemegang rekening pastinya sudah mengantongi alamat dan informasi si penjual. Bisa juga dengan CoD karena pembayaranbaru dilakukan setelah barang yang dibeli tiba di tempat Anda.
Harga Yang Jauh Dibawah Standar
Penjual Online terkadang akan menjual barangnya dengan harga lebih murah. Namun jika terlalu murah dan jauh dibawah standar harga umumnya, Anda patut mewaspadainya karena boleh jadi barang tersebut kualitasnya sangat buruk dan foto barang itu terkadang tidak sesuai dengan aslinya.
Mengantisipasi Gelagat Penjual
Adakalanya modus dari penjual abal-abal atau para penipu selalu menggunakan cara agar sang pembeli dapat mentransfer uang yang disepakati untuk pembelian suatu barang dengan segera dan cepat. Anda harus waspada karena ada kalanya setelah uang ditransfer, si penipu akan langsung menghilang begitu saja.
Itulah sedikit Info Teknologi Gadget Terbaru tentang beberapa Tips dan Cara Mengantisipasi Agar Terhindar dari kasus Penipuan Jual Beli Online pada kesempatan kali ini. Lihat juga Tips dan Trik Gadget sebelumnya tentang Tips Aman Menggunakan Hotspot Gratis di Tempat Umum. Semoga berguna!
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger