Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone Yang Berbahaya


Kebiasaan Pengguna SmartphoneSmartphone atau Pponsel pintar saat ini sudah seperti barang kebutuhan yang wajib ada di genggaman. Berbagai smartphone dengan harga yang murah namun memiliki kemampuan maksima membuat setiap orang yang tidak paham sekalipun akan fungsi utama smartphone bisa memilikinya. Hal ini lah yang memicu berbagai Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone, yang secara tidak sadar bisa membahayakan dirinya sendiri.

Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone

Sebagian besar pengguna smartphone akan membiarkan ponsel pintar tak terproteksi, tak melindungi smartphone dengan case tambahan saat di luar ruangan, hingga kebiasaan mengunggah informasi di sosial media secara sembarangan dinilai bisa berbahaya bagi penggunanya. Penyadapan, pengintaian, kerusakan, dan paling parahnya pencurian data hingga uang adalah bahaya umum yang mengintai.

Kebiasaan Berbahaya Pengguna Smartphone

Perkembangan Teknologi Gadget Terbaru Saat ini memang akan sangat membahayakan bagi penggunanya apabila tidak dibarengi dengan peningkatan edukasi pemakainya. Fungsi dan tujuan untuk memiliki sebuah smartphone harusnya menjadi dasar kita untuk mulai belajar bagaimana menggunakan teknologi gadget dengan baik. Karena smartphone itu bak pisau bermata dua, ia akan membahayakan sekaligus bisa memudahkan dan membantu pemiliknya, tergantung bagaimana ia menggunakannya.

Jangan Menggunakan Smartphone Sembarangan

Oleh karena itu, pada kesempatan kali kita akan membahas tentang beberapa Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone Yang Berbahaya, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya, seperti yang dikutip dari OkezoneTechno dibawah ini:

Tak Terproteksi
Sebanyak 62 persen pengguna smartphone di seluruh dunia tak memproteksi smartphone miliknya dengan password. Padahal sebanyak 33 persen pengguna smartphone memiliki kemungkinan dicuri data-datanya oleh penjahat siber.
Auto Sign-in Aplikasi Perbankan
Penelitian menemukan ada 32 persen pengguna smartphone yang menyimpan password di dalam ponselnya. Sehingga saat melakukan login pada sebuah aplikasi, bisa langsung masuk tanpa perlu menulis username dan password berulang-ulang. Penyimpanan password ini tak terkecuali pada aplikasi perbankan dan situs pembayaran seperti Paypal dan sebagainya. Salah-salah, saldo di rekening bisa dikuras habis.
Memotret, Menyimpan, dan Mengirim Foto Vulgar
Sebanyak 20 persen remaja memotret dirinya dalam keadaan telanjang atau posisi vulgar dan mengirimkannya melalui pesan teks atau aplikasi instant messengger, dan bahkan membaginya di media sosial. Dan 17 persen penerima foto vulgar tersebut menyebarkannya ke orang lain.
Membuka Email Penipuan
Sebanyak 4 persen pencurian data pribadi di dunia maya berasal dari email penipuan. Sedangkan sebanyak 156 juta email berbahaya dikirimkan setiap harinya.
Mengunggah Foto Saat Berlibur
Memang sah-sah saja mengunggah foto saat berlibur. Namun kebiasaan ini bisa membahayakan diri Anda. Berdasarkan sumber, pencuri biasanya menggunakan media sosial untuk menyasar targetnya. Dan sebanyak 75 persen pencuri yang terhukum meyakini pencuri lain menggunakan media sosial untuk mencari korban. Atau bahaya paling kecil ialah Anda sangat mudah untuk dikuntit oleh seseorang atau stalker.
Mengaktifkan GPS saat Mengunggah Foto
Sebanyak 500 juta foto diunggah ke berbagai jejaring sosial setiap harinya. Dan tak sedikit seseorang tak mematikan fitur penanda lokasi tempatnya berada saat mengunggah foto tersebut. Sehingga setiap orang yang melihat postingan yang ditulisnya bisa mengetahui di mana keberadaannya saat ini.
Memberikan Informasi pada Orang Asing
Sebanyak 27 persen pencurian data didapat lewat sambungan telepon. Seseorang yang menelpon dan mengaku dari bank tempat ia menyimpan uang meminta informasi kepada korban, dan langsung saja diberikan. Ada sebagian orang yang tak peka terhadap penipuan ini.
Tak Gunakan Pelindung Ponsel
Sebanyak 25 persen pengguna smartphone tak menggunakan pelindung pada ponselnya. Terlebih untuk penggunaan yang sangat aktif.
Gunakan Wi-Fi Sembarangan
Tak peduli itu aman atau tidak, asalkan ada sambungan Wi-Fi gratis, banyak pengguna ponsel yang asal mengoneksikan ponselnya pada Wi-Fi gratisan tersebut. Penelitian mengungkap 52 persen pengguna smartphone main asal sambung ke jaringan Wi-Fi yang tak terproteksi password.
Tak Gunakan Asuransi
Sebanyak 60 persen pengguna smartphone tak menggunakan asuransi untuk melindungi ponselnya dari hal yang tak diinginkan. Mengapa perlu asuransi? Karena tak sedikit harga ponsel sekarang ini yang sudah mencapai harga mulai Rp7 juta hingga Rp12 juta.
Demikianlah Info Teknologi Gadget Terbaru tentang Kebiasaan Buruk Pengguna Smartphone Yang Berbahaya pada kesempatan kali ini. Baca juga Info Gadget Terbaru sebelumnya tentang Phablet Advan Vandroid S5H Terbaru. Semoga info teknologi ini bisa menjadi referensi Anda...
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger