Tips dan Cara Atasi Smartphone BootLoop atau Restart Sendiri


BootLoop atau Restart SendiriPernakah Anda mengalami smartphone yang Anda gunakan tiba-tiba restart sendiri ketika sedang di gunakan? Jika hal ini pernah terjadi pada smartphone Anda, bisa jadi smartphone tersebut terkena penyakit yang disebut dengan Smartphone BootLoop, yaitu sebuah proses booting yang terjadi berulang-ulang baik saat belum masuk ke layar utama atau sudah masuk ke tampilan layar utama.

Smartphone Restart Sendiri atau Bootloop dibagi dalam tiga jenis yaitu bootloop ringan, sedang, dan berat. Jika smartphone Anda pernah mengalami hal serupa, pastikan bahwa penyakit restart sendiri ini termasuk bootloop skala ringan. Karena jika lebih dari itu, tentunya Anda harus membawa smartphone tersebut ke service center terdekat.

Dan berikut adalah Tips dan Cara Atasi Smartphone BootLoop atau Restart Sendiri pada skala BootLoop Ringan, seperti yang dikutip dari Merdeka.com.

LAKUKAN HARD RESET
Hard reset ini bisa dilakukan dengan melepas baterai dengan ?ketika smartphone dalam kondisi hidup. Langkah ini bisa mengatasi bootloop ringan ketika smartphone terlalu panas atau RAM dan prosesor bekerja terlalu keras, biasanya saat digunakan untuk aktivitas multitasking atau bermain game dan smartphone Android tiba-tiba restart sendiri.
HAPUS APLIKASI MENCURIGAKAN
Bootloop ringan juga bisa disebabkan aplikasi bukan bawaan yang terinstal di smartphone Android. Biasanya aplikasi ini tidak kompatibel dengan software ataupun sistem operasi bawaan smartphone. Bisa juga aplikasi ini membawa malware yang mengakibatkan smartphone mengalami bootloop atau crash terus menerus. Menghapus aplikasi yang dianggap mencurigakan juga efektif menghilangkan bootloop di smartphone Android Anda. Baca juga Tips dan Cara Agar Hp Android Tidak Kena Virus pada artikel sebelumnya.
LAKUKAN UPDATE SOFWARE TERBARU
Adanya bug di smartphone pada software bawaan smartphone juga bisa menjadi penyebab bootloop. Namun hal ini kecil terjadi. Akan tetapi, langkah melakukan update software baik melalui OTA maupun WiFi bisa menjadi salah satu langkah menghilangkan penyakit bootloop di smartphone Android Anda.
LAKUKAN RESET PABRIK
Jika ketiga cara di sebelumnya masih belum bisa memperbaiki bootloop di smartphone Android Anda, maka pilihan reset factory bisa Anda lakukan. Nantinya cara ini bisa mengembalikan pengaturan smartphone ke kondisi awal dan menghilangkan masalah pemicu bootloop yang diakibatkan tindakan setelah pembelian smartphone.
Demikianlah Info Teknologi Gadget Terbaru tentang Tips dan Cara Atasi Smartphone BootLoop atau Restart Sendiri pada kesempatan kali ini. Baca juga Tips dan Trik Gadget sebelumnya tentang Tips dan Cara Agar Blackberry Tidak Lemot. Semoga hal ini bisa berguna bagi semua...
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger