Tips dan Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang Dengan Aplikasi


Melacak Android HilangPada dasarnya, setiap ponsel sudah dilengkapi pengamanan tersendiri sejak perangkat di buat di pabrik pertama kalinya. Hal ini terlihat dari adanya nomor IMEI setiap perangkat. Nomor IMEI sendiri sebenarnya bisa dijadikan jalan utama untuk melacak ponsel yang hilang. Database berupa nomor IMEI dari ponsel yang digunakan, akan muncul di operator ketika tersambung dengan SIM card mereka.

Sayangnya, sepertinya di negara kita belum ada aturan yang bisa membuat orang awam meminta tolong ke operator untuk melacaknya. Sepertinya data tersebut masih dianggap bagian dari privasi dan hanya bisa diakses pihak berwajib untuk kepentingan khusus saja.

Tips Melacak Ponsel Android Yang Hilang Dengan Aplikasi

Oleh karena sulitnya birokrasi pelacakan diatas, beberapa smartphone, khususnya smartphone Android sudah menyiapkan fitur pelacakan dengan aplikasi yang akan membantu pemilik jika smartphonenya hilang, tertinggal, atau lupa menyimpannya di mana. Lakukan hal ini sejak pertama kali membeli ponsel atau sehabis factory reset.

Dan berikut adalah beberapa Tips dan Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang Dengan Aplikasi, seperti yang dikutip dari tulisan Lucky Sebastian @gadtorade untuk DetikInet berikut ini:

Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang Dengan Aplikasi

Saat pertama kali Anda menghidupkan Samrtphone Android Anda setelah membelinya, masukkan akun Google atau Gmail yang sudah Anda buat. Masuk ke Setting >> Security >> Device Administrators >> dan centang dibagian Android Device Manager. Pastikan juga di bagian Setting >> Location, di centang bagian "Let Google app access your location dan GPS Satellites". Untuk mereka yang sudah memakai OS KitKat, pilihan setting location di High Accuracy.

Jika kita kehilangan smartphone Android tersebut, Anda bisa Melacak Ponsel Android Yang Hilang Dengan Aplikasi ini via web browser di alamat berikut:
https://www.google.com/android/devicemanager.
Masukkan akun Google atau Gmail yang dipakai di Android kita, maka akan terbuka menu untuk melihat posisi ponsel kita, memberi notifikasi ringtone secara berulang-ulang, mengunci, hingga menghapus datanya. Atau bisa juga tanpa melalui browser, dengan menginstalkan aplikasi Android di perangkat smartphone android yang lain.
Pelacakan Android HilangDevice Manager pada ponsel Android lain yang bisa di download di:
http://www.google.com/android/devicemanager.
Selain cara di atas, masih banyak lagi aplikasi pihak ketiga yang sama yang bisa diinstalkan di smartphone android. Beberapa bahkan terintegrasi dalam aplikasi antivirus.

Salah satu aplikasi yang bagus, yang bisa memberitahukan dan memotret pencurinya bahkan ketika simcard di ganti adalah Cerberus Anti Theft. Bisa diunduh di Playstore di link berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lsdroid.cerberus
Sebagai tambahan, beberapa aplikasi pihak ketika memang tidak memberi fitur penuh ketika Anda menggunakannya secara gratis. Usahakan untuk membeli aplikasi tersebut agar fitur yang ada bisa digunakan secara maksimal.

Demikianlah sedikit Info Teknologi Gadget Terbaru tentang Tips dan Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang Dengan Aplikasi pada kesempatan kali ini. Baca juga Tips dan Trik Gadget sebelumnya tentang Tips dan Cara Mempercepat Kinerja Samsung Galaxy S4. Semoga tips-tips ini bisa berguna bagi Anda para pengguna dan penggemar gadget sekalian...
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger