Kerugian dan Keuntungan Rooting Smartphone Android


Rooting Smartphone AndroidRooting merupakan suatu aksi atau tindakan pada smartphone android untuk mendapatkan hak penuh untuk masuk dan memodifikasi sistem dan sub-sistem di dalam perangkat smartphone. Jika pada komputer, fungsi rooting hampir sama dengan tindakan pengambilalihan hak administrasi pada sebuah komputer.

Kerugian dan Keuntungan Root Android

Rooting Smartphone Android sering dilakukan pengguna untuk mendapatkan settingan atau pengaturan sesuai keinginan. Karena, dalam keadaan default, sebuah smartphone tidak dapat diatur sesuai keingginan pengguna, seperti memperbesar kapasitas RAM, ROM, ataupun lainnya. Tindakan Rooting Smartphone Android memang memiliki kelebihan sekaligus keuntungan tersendiri bagi smarthone yang sudah di root.

Keuntungan Rooting Smartphone Android

Berikut ini adalah beberapa Keuntungan Rooting Smartphone Android seperti yang dilansir oleh Merdeka.com dibawah ini:

BISA KUSTOMISASI ROM
ROM atau Read-only Memory adalah istilah yang disematkan ke media penyimpanan data pada suatu perangkat elektronik seperti komputer atau juga smartphone. Salah satu kegunaan dari ROM adalah menjaga dan menyimpan data yang tidak akan hilang walaupun terjadi penghentian aliran listrik secara mendadak. Sekarang ini, ada berbagai macam perangkat lunak dan keras lain yang beredar di pasaran yang dapat memodifikasi ROM sehingga menghasilkan tampilan perangkat yang berbeda. Dengan memodifikasi ROM ini, maka perangkat yang awalnya hanya support dengan operating system versi lama, akhirnya juga dapat menikmati OS versi terbaru.
BISA KUSTOMISASI THEME
Seperti halnya memodifikasi ROM, dengan melakukan rooting, maka pengguna smartphone juga dapat mengganti tampilan atau theme seperti yang diinginkan.
BISA KUSTOMISASI MEMORI PENYIMPANAN
Terkadang, suatu perangkat smartphone, khususnya yang versi lama, hanya memiliki kapasitas memori terbatas. Dengan melakukan rooting, maka pengguna akan dapat memiliki smartphone dengan kapasitas memori lebih karena terjadinya integrasi antara internal dan eksternal memori.
BISA KUSTOMISASI FITUR
Untuk beberapa perangkat mobile, khususnya yang berbasis Android, ada banyak fitur yang tidak support dengan gadget itu. Namun dengan melakukan rooting, maka perangkat yang awalnya tidak memiliki atau tidak support dengan fitur khusus, akan dapat memiliki kemampuan itu dan dapat digunakan secara normal.

Kerugian Rooting Smartphone Android

Berikut ini adalah beberapa Kerugian Rooting Smartphone Android seperti yang dilansir oleh Merdeka.com dibawah ini:

GARANSI HILANG
Tentu saja, setelah sebuah perangkat pernah di-rooting, maka garansi yang dimiliki akan secara otomatis hangus walaupun pada dasarnya garansi tersebut masih ada. Hal itu disebabkan karena pengguna sudah memodifikasi berkas sistem di dalam sebuah perangkat mobile sehingga apabila terjadi apa-apa pihak vendor tidak ingin disalahkan atas kerusakan yang terjadi.
SISTEM MENJADI TIDAK STABIL
Walaupun ada yang mengatakan berhasil melakukan rooting terhadap suatu perangkat, namun tidak sedikit yang justru gagal dalam melakukannya. Terkadang ada pula seseorang melakukan rooting terhadap perangkatnya dan terlihat berhasil, namun pada kenyataannya tidak. Dengan ketidakberhasilan rooting pada perangkat tersebut, maka sistem di dalamnya akan tidak stabil dan potensi yang diakibatkan terburuk adalah smartphone tersebut akan rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.
RENTAN VIRUS
Ketika suatu perangkat telah di-root, maka tidak hanya garansi saja yang akan lenyap, sisi keamanan dari smartphone pun juga akan terancam. Suatu smartphone yang telah di-root maka lebih rentan terkena serangan virus atau malware berbahaya walaupun sudah menggunakan anti-virus di dalamnya.
PERFOMA MENURUN
Salah satu alasan melakukan rooting adalah untuk mendapatkan performa yang ideal dan cepat. Namun, ada beberapa laporan bahwa setelah melakukan rooting, perangkat justru lemot dan tidak bekerja maksimal seperti sebelum dilakukan rooting. Hal tersebut disebabkan karena sistem di dalamnya tidak stabil dalam bekerja dan berimbas pada segala hal termasuk memori.
Demikianlah Info Teknologi Gadget Terbaru tentang beberapa Kerugian dan Keuntungan Rooting Smartphone Android pada kesempatan kali ini. Baca juga Info Gadget Terbaru sebelumnya tentang Keunggulan dan Cara Kerja Pemindai Sidik Jari Samsung Galaxy S5. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda semua para penggemar gadget sekalian...
newer older beranda
 
Copyright 2013 Info Gadget Android Terbaru | Powered by Blogger